Mengatasi TouchPad tidak berfungsi di Lenovo IdeaPad 310s, 320, dan seri Laptop Lainnya dengan Cara Cepat dan Mudah.




Selamat siang menjelang sore sahabat kali ini a.w.s. solution akan membagikan trik dan cara cara untuk mengatasi touchpad tidak berfungsi di Lenovo ideapad 320 dengan cepat dan mudah yaitu dengan men download driver touchpad lenovo ideapad 320.

Sebelumnya mohon maaf barangkali dari kemarin sudah banyak orang yang nyari tentang trik ini Kebetulan saya belum ada waktu untuk memposting dan membagikannya kepada kalian.
Maklum pekerjaan sibuk saya dan memulai untuk bisnis online sehingga tidak ada kesempatan waktu senggang untuk saya mengisi blog ini.


Oh, ya sebelum dilanjut, Cek dulu Harga Terbaru Lenovo IdeaPad 320 /330 AMD A4 DOS yang terbaru di Link ini ya, Jika ingin Membeli produk nya silahkan Kunjungi Seller Rekomendasi Admin di produk berikut : Lenovo IdeaPad IP 330 -14AST AMD A4 -9125 / WINDOWS 10 / AMD Radeon R3 / 4GB DDR4 / 500GB / 14 Inch / IP330 / 1 Tahun Garansi Resmi


Baiklah langsung mulai kita menuju triknya dan cara cepat menginstal tercepat Lenovo ideapad 320 baik AMD maupun Intel.

Kenapa Bisa terjadi Begini yah ?


Sebelumnya saya akan menjelaskan tentang Lenovo ideapad 320 Kenapa bisa laptop baru dengan keluaran yang support dengan Windows 10 baik Intel maupun AMD justru ada masalah di bagian touchpad sehingga pada saat baru pun kita menginstalkan Windows 10 ke dalam laptop tersebut atau pada saat menginstal awal menggunakan installer Windows 10 touchpad tidak berfungsi sama sekali melainkan kita hanya bisa menggunakan mouse dan keyboard saja untuk input nya.

Sebenarnya hal ini wajar-wajar saja mengingat brand lain pun seperti Asus di beberapa seri dan model mereka ada beberapa tipe yang mengharuskan untuk di installnya driver touchpad untuk bisa menggunakan touchpad tersebut.

Dan ternyata ini hanyalah sebuah masalah dari driver yang belum terinstall, di mana software driver tersebut adalah yang paling utama yang harus kita lakukan setelah menginstal Windows ataupun sistem operasi dan menyebabkan touchpad laptop lenovo tidak berfungsi sebagaimana fungsinya.

Cuman mungkin kebanyakan di seri laptop lainnya touchpad sudah otomatis terinstal bersamaan dengan wifi dan lain-lainnya padahal seharusnya semua perangkat yang ada dan fitur yang tersedia diharuskan untuk menginstal drivernya dan juga software pendukung lainnya seperti synaptics, Elan, Qualcomm WiFi driver Realtek audio driver Lenovo easy Camera, Bluetooth, dan yang paling utama adalah Grafika baik itu Intel HD graphic AMD Radeon graphics maupun Nvidia graphics.


Begitu Sob Bagaimana Apakah sudah jelas untuk penjelasan mengenai driver dan penyebab terjadinya masalah di Lenovo ip320 ini.?

Nah bagaimana sudah cukup jelaskan apakah bisa agan menyelesaikan masalahnya dengan sendiri setelah saya beri Clue untuk cara penyelesaiannya.
.
.
.
.

.
.
.
.
.
.
.

HEHE..... Bercanda. Saya akan tuntaskan Postingan ini ya, Tenang saja.

Seri berapa saja yang WAJIB dan harus diinstal kan driver touchpad ?

Untuk menjawab pertanyaan ini saya serahkan kepada pihak vendornya masing-masing.

Tapi untuk saat ini saya akan membahas hanya khusus di Lenovo yang seri-seri baru dan yang saya tahu dan pengalaman saya di Lenovo. Ok 😙
Berikut adalah beberapa tipe yang diharuskan untuk menginstal driver baik itu AMD dan Intel di Lenovo ideapad hanya varian DOS.
Untuk yang membeli varian Windows Tenang saja Lenovo sudah menginstal nya. Cieee... Windows ori. 😁😁😁 :

  • Lenovo ideapad 310s Dual Core Celeron n3350
  • Lenovo ideapad 320 AMD A4 dos
  • Lenovo ip320 AMD A9 DOS
  • Lenovo ideapad 320 Intel Core i3 DOS
  • Lenovo ideapad 320 Intel Core i5 DOS
  • Lenovo ideapad 320 AMD A12 dos

Dan kali ini kakak akan mencoba untuk menginstal driver touchPad di Lenovo ip320 AMD A4 varian DOS, KARENA SERI INI ADALAH SERI YANG POPULER DAN BANYAK YANG MEMBELI.

CARA MUDAH UNTUK AMD

DXDIAG di Lenovo IdeaPad 320 AMD A4
Cara yang paling cepat dan mudah yaitu dengan melakukan penginstalan dari file installer yang kakak sudah buat dan akan kakak berikan dibawah ini. Silahkan untuk didownload terlebih dahulu :



Driver IP 320 AMD A4 Win10.zip (70 MB)

Kesulitan mendownload? Lihat petunjuk

*Note : Driver IdeaPad 320 AMD A4 ini Bisa Juga untuk Seri Yang lain nya, yang penting Vendor nya AMD ya. Dicoba saja, kalau tidak bisa komen saja.
Didalamnya juga sudah termasuk :
  1. Ideapad 320-14-15-17AST System Firmware 1.17
  2. ELAN HID Class Filter Driver
  3. Lenovo VHID UMDF HID minidriver Device
  4. Mouse ELAN pointing device
  5. Security devices AMD PSP 2.0 Device
  6. AMD GPIO Controller
  7. AMD I2C Controller
  8. AMD SMBus
  9. Lenovo ACPI-Compliant Virtual Power Controller

Jadi tidak heran, jika Driver Chipset yang lainnya juga ikut terinstall ya. Horeeeee.. !!!!
Caranya :
Jika bukan seri IdeaPad 320 yg AMD A4, disarankan untuk hati2 dengan System Firmware nya, karna nanti dia akan update Bios firmware. Hapus saja Folder yg berisi System Firmware nya ya sebelum menginstall nya. Soalnya saya belum pernah coba kalo di seri Selain AMD A4, Jika mau coba boleh. 😂😀😄😀😄😁😎😀😍😀, Nanti kasih tau disini ya jika tidak ada kendala.
Jalankan Saja File dengan nama dpinst.exe, lalu Next saja sampai proses selesai, Setelah Selesai disarankan Restart ya.

Jika Sudah Terinstall dengan baik, akan ada Driver I2C yang terinstall.

Barulah anda perlahan-lahan Menyolek TouchPad Anda, apakah Nyetrum ???? :v
Dan harusnya TouchPad Berjalan Sempurna 100% bisa goyang kenanan dan kekiri secara normal...

Cieeee,,,, gak jadi ke Service Center.... !!!


CARA MUDAH UNTUK INTEL

Untuk intel sendiri adalah yang paling Gampang, Kadang di beberapa seri, Touch Pad nya sudah teristall secara otomatis, apalagi di WIndows 10, Tapi tdk apa2 saja akan berikan beberapa Link untuk seri Lenovo ya.




Jika Sudah Terinstall dengan baik, akan ada Driver I2C yang terinstall.

Barulah anda perlahan-lahan Menyolek TouchPad Anda, apakah Nyetrum ???? :v
Dan harusnya TouchPad Berjalan Sempurna 100% bisa goyang kenanan dan kekiri secara normal...

CARA LAMA, SULIT UNTUK INTEL DAN AMD


Eh,, sepertinya saya tidak usah meneruskan postingan nya, ya :)
Ini kan tutorial nya cara Cepat... HEHHEHE...

Tapi gk papa, Oke saya akan kasih tahu jika anda tetap ingin menggunakan cara yang agak lama dan sulit baik Intel maupun AMD silakan simak dibawah ini :

1. Yang pertama Anda bisa menggunakan software driverpack solution sebesar 10 GB jika Anda belum punya filenya silakan mendownload di Link yang bertebaran di Google ya. 😀😀😀😀.

2. Yang kedua Anda juga bisa dengan cara yang agak lebih mudah yaitu melalui situs resmi support dari vendor laptopnya masing-masing khusus untuk Lenovo Anda bisa langsung mengakses ke pcsupport.lenovo.com
Setelah itu Anda masukkan tipe laptopnya bisa dari MTM maupun Serial Number
Lalu Anda pilih nama komponen yang ingin anda download ada chipset WiFi bluetooth touchpad dan anda tinggal mengklik komponennya satu demi satu untuk mendownload file tersebut dan anda tinggal install satu persatu komponen yang ingin ada install.


Ribet Kan ...!!

Saya harap postingan saya ini bisa bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari penyelesaian masalah yang sebenarnya sangat simpel dan tentunya hanya bermodalkan kuota 70 MB saja untuk mendownload file yang saya buat.
Eh jangan lupa untuk menginstal driver lain-lainnya yang penting terutama VGA chipset dan Power management yang tentunya ada di website support vendornya Masing-masing.
OK. Sekian untuk Tutorial nya, semoga Bermanfaat. Jangan Lupa Berkunjung Lagi ya. :)

*** Jika Merasa Postingan ini Membantu anda, luangkan waktu mu untuk Isi Sepatah Kata di Komentar atau Klik salah satu iklan di blog ini ***

Daftar laptop Rekomendasi termurah dan Terbaik di Kelas nya Masing-masing

Post a Comment

Previous Post Next Post