Cara mematikan Windows Update Windows 10 permanent di Semua Versi baik Home atau Pro

Windows 10 merupakan sistem Operasi paling terbaru yang dibuat oleh Microsoft Corp. saat ini. OS ini jugamerupakan penggabungan kedua Fitur yang diusung dari Versi Windows sebelumnya yang Sangat Populer, yaitu Windows 7 dan Windows 8.



Kedua sistem operasi yang mengusung Simpel dan Power Full, diusung Oleh Windows 10 dengan sejuta Fitur yang diusung nya, seperti Virtual Asistan, Beragam Fitur Security, Tampilan Start Menu yang Minimalis, Futuristik yang indah, Multitasking dan Menu Setting Baru di Windows 10, dll.


Dibalik Fitur Windows 10 yang luar biasa ini, ternyata ada satu Fitur yang dianggap menjengkelkan bagi kebanyakan User yang menginginkan Pengoperasian Sebuah Sistem Operasi tidak rewel, stabil yaitu Fitur Update Otomatis di Windows 10 ini.

Secara bawaan, memang Windows Ten ini datang dengan settingan Otomatic Update secara otomatis apalagi important updates,  karena Windows 10 merupakan OS termutakhir saat ini yang terus dioptimalisasi untuk perangkat modern. Pembaruan yang diberikan bertujuan untuk menjaga performa sekaligus keamanan setiap saat. Dengan banyaknya ancaman baik dari dunia maya maupun virus Offline antar device, melakukan pembaruan secara update dan online adalah cara paling aman dan mudah untuk menambal dan memberikan proteksi secara realtime kepada pengguna.

Meskipun kedepannya Windows 10 bakal memasukan fitur Opsi mematikan Update di pengaturan, tetapi di versi saat ini Fitur Tersebut belum tersedia secara langsung. Oleh karena itu mimin mau share cara menonaktifkan Windows 10 Update di Version 1903, 1803, 1709, 1703 1609 sampai Windows 7 sekalipun.

Setting dari " Group Policy " dan Services

Cara mematikan auto update windows 10 yang pertama yaitu dari Group Policy Windows. Jika versi Windows nya bukan Home, anda bisa mencari dan membuka Group Policy. Tetapi jika di Versi Home, Home Single Language, Group Policy tidak include di versi tersebut, jadi agan harus melakukan penginstallan Group Policy di Windows agan.

1 => Menggunakan Koneksi Internet
Caranya : Download install-gpedit-online.bat (379 byte) - (Mediafire)  install-gpedit-online.zip(Zippyshare)
- Pilih Salah satu.


* Jalankan dengan Klik Kanan > Run As Administrator ( Instalasi Menggunakan Akses Internet ) Tunggu Hingga Selesai.

Proses Instalasi Group Policy

**Cara Baru (Updated Tgl 1/12/2018) turn automatic updating on or off

2=> Tanpa Menggunakan Internet
Download dan Ekstract File ZIP Berikut :
enable_group_policy_editor_in_windows_10_home_edition.zip (Zippyshare)



Jalankan File enable_group_policy_editor_in_windows_10_home_edition.bat dengan (klik Kanan) Run As Administrator.

Setelah Proses Instalasi berhenti, berarti GPEDIT sudah selesai diinstall.

Agan bisa cari dengan Kata " Group Policy " di Search Windows 10, atau dengan mengetik gpedit.msc di Pencarian Windows.

Atau bisa juga dengan Menggunakan Shortcut di Keyboard : Tombol Start + R lalu ketik gpedit.msc dan Enter.

Buka Administrative Templates > Windows Components > pilih Windows Update

Double Klik di Windows Update > Configure Automatic Updates > Lalu Double Klik

Untuk mematikan Update, rubah Pilihan di Configure Automatic Updates ke Disabled > Lalu Klik OK.



Dengan mendisabled Pilihan diatas, Secara Paksa kita sudah menonaktifkan Otomatis Windows Update secara Permanen, Jika Menyalakan Windows Update, Rubah Kembali Ke Enabled, dan setting di Options ke Auto Update and Install > Lalu OK.

Untuk Mulai Mengaktifkan Setelan ini, ada baiknya anda me Restart Windows 10 anda.
*** Jika Merasa Postingan ini Membantu anda, luangkan waktu mu untuk Membagikan ke Sosial Media kamu supaya semakin banyak yang terbantu dengan Tulisan ini atau dengan mengklik Share dibawah.

** Update Terbaru - 07/07-2019

Trik menonaktifkan Windows Update dari gpedit saja saat ini sudah tidak maksimal, dan di beberapa perangkat masih dapat Update juga dikarenakan Windows sudah membuat Medicine atau services backup untuk mengaktifkan kembali Windows update secara mandiri & otomatis.

Namun admin sudah menemukan Cara terbaru saat ini untuk Enable dan Disable Windows Update (sudah ditest oleh beberapa pengguna Windows 10 Versi terbaru 1903 May 2019 Update) yaitu dengan menggunakan Cara & langkah-langkah sederhana untuk mematikan update otomatis di video berikut ini :





=> Kamu bisa mendownload Windows Update Blocker nya di link : Google Drive (403kb)


Ikuti step-step nya sampai selesai, klik tombol disable service, dan ceklis protect service settings. lalu OK. Windows Update kamu sudah dinonaktifkan.

Meskipun sebenarnya admin menyarankan kamu untuk mengaktifkan Windows update secara otomatis. Di era modern saat ini internet sudah merupakan hal yang wajib setiap orang miliki, dengan banyaknya WIFI dan Hostpot rumahan  maupun publik keberaan data internet bukan sesuatu hal yang jarang dan mahal.
Keuntungan yang akan kamu dapatkan akan terasa, baik dari segi performa, fitur terbaru yang bermanfaat, keamanan sistem, dll. Dan Windows 10 saat ini menjadi Sistem Operasi Windows paling canggih dan mutakhir yang paling banyak dipakai oleh pengguna PC di dunia.

Jangan Lupa Share ke Social media kamu ya, supaya trik ini dapat bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan.


 Share FB


Terima Kasih !! - Semoga Membantu.

Post a Comment

Previous Post Next Post