Saturday, April 4, 2020

Cara mengatasi kipas kencang dan bising di laptop Lenovo varian baru S145 bahkan setelah Update Windows

Lenovo ideapad merupakan salah satu jajaran tipe laptop yang sangat populer. Selain terkenal awet dan harga yang masuk akal, lenovo ideapad hadir dengan beragam pilihan spesifikasi yang diusung nya. Baik untuk kebutuhan standar sehari-hari, tugas-tugas sekolah, spesifikasi yang cocok untuk kuliahan, kantoran, untuk mengerjakan kebutuhan Multimedia seperti editing, dengan suara yang jernih, sampai digunakan untuk bermain game. Semua jenis konfigurasi dan pilihan dengan kebutuhan diatas terdapat di lenovo IP (IdeaPad).

Lenovo S145 merupakan seri pembaruan dari Lenovo IdeaPad type sebelumnya, laptop yang di produksi di penghujung tahun 2019 ini merupakan penggantinya dari type-type Lenovo sebelumnya seperti: IdeaPad S130, IdeaPad 130, IdeaPad 130s, IdeaPad 120s, IdeaPad 320s, IdeaPad 330s, IdeaPad 330, IP 320, dst. Oleh karena itu tentunya Lenovo s145 ini memiliki keunggulan keunggulan yang tentunya lebih tinggi dari seri seri sebelumnya nya baik dari segi spesifikasi dan fitur yang diusung. Berikut adalah kelebihan kelebihan dari Lenovo ideapad s145 :

  • Performa luar biasa dari processor dan hardware generasi terbaru.

  • Desain Elegan, Ringan dengan Layar jernih

  • Fitur lengkap dengan Opsi Penyimpanan Hybrid

Untuk melihat lebih lengkapnya mengenai fitur dan spesikasi dari Lenovo S145, bisa mengunjungi halaman berikut: Lenovo S145, Spesifikasi dan kumpulan Harga terbaru IdeaPad - Laptop dengan desain ramping dengan kinerja tinggi

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas permasalahan yang muncul di Lenovo IdeaPad S145 dan cara mengatasinya seperti seri dengan processor AMD Athlon 300U yaitu :

  • Berputarnya kipas atau fan laptop dengan kencang, bising / noise dan tidak berhenti, meskipun tidak sedang menggunakan laptop atau program nya bukan penggunaan yang berat.
  • Masalah ini muncul setelah Windows atau Driver terupdate secara otomatis ketika laptop terkoneksi ke internet.
  • Sudah menggunakan mode intelligent cooling dari Lenovo Vantage tapi tetap saja kipas berputar sangat kencang bahkan dalam kondisi laptop masih baru pertama kali dinyalakan(masih dingin).
  • Gejala seperti ini tidak muncul ketika pertama kali menggunakan laptop dalam kondisi baru pakai (kondisi awal pabrikan).


Lenovo Vantage

Kemungkinan penyebab terjadinya permasalah seperti ini.

Pada awal pencarian permasalahan ini di internet, baik dari forumm-forum lenovo, documentation, dll saya menemukan artikel berikut di website Lenovo: Kipas berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi dari yang diharapkan - Windows - ThinkPad , ThinkCentre , ideapad , ideacentre

Dimana dapat saya simpulkan bahwa faktor dari masalah ini yaitu :

Penggunaan Resource CPU yang tinggi

Apabila sedang ada program atau service yang sedang menggunakan CPU, baik itu program yang sedang dipakai, seperti Program Desain Grafis, Editing bahkan game. Apabila penggunaan processor melebihi 50% dari total daya / kemampuan processor tersebut akan membuat si Processor menjadi panas(bekerja keras). Kipas akan segera bertindak untuk mendinginkan processor sehingga terus berada di posisi dan suhu yang ideal dan mencegah overheat / kepanasan. Kamu juga bisa melihat secara realtime penggunaan dari CPU kamu di Task Manager atau dengan menggunakan Shortcut Keyboard: CTRL + SHIFT + ESC

Contoh penggunaan CPU


Faktor dari penggunaan CPU yang berlebih ini bisa diakibatkan oleh banyak nya aplikasi yang kamu gunakan secara bersamaan, menggunakan program dengan kategori program berat (produktifitas tinggi) dan bisa juga diakibatkan oleh adanya Malware, PUP (Potentially Unwanted Program), bahkan Virus.

Cara yang kami rekomendasikan untuk mengatasi ini yaitu melakukan Scan Full dengan Anti Virus yang sudah menggunakan Definisi / Updatean terbaru. Kami menyarankan untuk menginstall anti virus seperti Avast / Kasper Sky, mengupdate nya dan melakukan Full Scan.
Untuk membasmi Malware, adware dan PUP yang bisa jarang dapat dideteksi oleh Anti Virus, kamu bisa menggunakan Program AdwCleaner

Sirkulasi udara di lubang ventilasi terhambat.

Ini biasanya terjadi pada laptop yang sudah dipakai dalam penggunaan waktu yang lama dengan waktur penggunaan yang terus menerus. Kipas menarik udara masuk dari bawah, mendinginkan bagian processor dengan angin dingin tersebut dan dihembuskan keluar melalui ventilasi udara di laptop. Apabila ventilasi terhambat, tertutup, hawa panas tidak dapat dibuang dan menambah beban bagi Fan / Kipas, dan secara otomatis kipas menggunakan kecepatan extra untuk segera mendinginkan laptop mu. Dari situlah akan timbul suara yang sangat kencang yang berasal dari dalam laptop.

Sobat harus membersihkan ventilasi udara yang kotor tersebut dengan cara membuat bagian bawah laptop, dan membersihkan Fan & jalur di sepanjang ventilasi udara. Apabila diperlukan, kamu juga bisa mengecek keberadaan thermal pasta yang ada di processor, apakah masih bagus (tidak kering) bila perlu diganti /  ditambahkan termal pasta nya.
Apabila unit kamu masih garansi, alangkah baiknya kamu tidak membongkar laptop & mengkonsultasikan masalah ini ke Service Center Lenovo Terdekat, supaya tidak menggugurkan garansi yang masih berlaku.

Faktor Kesalahan dari Software (Logika Thermal, settingan default, dll)

Apabila kedua cara diatas sudah dilakukan dan tidak membuahkan hasil, baru menuju tahap terakhir, yaitu dari kesalahan sisi Software. Penyebab nya bisa dari banyak hal, dikarenakan Software pada Laptop dibuat dari beberapa Vendor diantaranya: Microsoft selaku pembuat Windows 10, Intel atau AMD selaku pembuat Processor dan Graphics Card, dan Lenovo sebagai Vendor yang merakit dan menggabungkan komponen pendukung menjadi sebuah Laptop.
Ketiga vendor ini memiliki pengembangan teknologi masing-masing dan tidak jarang akibat adanya perbedaan dari sisi software dan hardware yang ada di beberapa laptop itu tidak cocok dan menyebabkan masalah, seperti: Laptop tidak tampil (layar hitam), beberapa fitur di laptop tidak berfungsi seperti brightness, touchpad, dan yang sedang kita bahas kali ini yaitu Kipas berputar secara terus menerus.

Tahapan: Melakukan Update BIOS dan mendownload Software Power Management

Kamu bisa mendownload BIOS dari Lenovo S145 dari Lenovo PC Support > Masukan Serial Number Laptop / MTM laptop kamu (Cek di bagian bawah laptop) > Pilih Tab Driver dan Perangat Lunak > Tab Pembaruan Manual



Download kedua Software tersebut, dan lakukan instalasi keduanya, tetapi dengan menginstall BIOS terlebih dahulu.

Penting: Sebelum menjalankan program untuk Update BIOS, pastikan bahwa laptop dalam kondisi terhubung dengan colokan listrik (sembari posisi di charger), tidak ada program yang sedang dibuka. Lalu jalankan program yang telah terdownload tadi. Awali dengan Berdoa (supaya tidak gagal update bios).
Biarkan semua settingan dalam kondisi bawaan (kecuali paham), Lalu klik Flash  dan tunggu sampai proses Update bios berjalan dengan sendirinya.


Mengupdate Sistem Windows 10 dan Driver

Update semua driver ke versi terbaru, baik driver VGA, WIFI, dll dari website pcsupport.lenovo.com yang tadi.
Update Windows 10 ke versi terbaru, kamu bisa mengupdate nya dari Start > Settings > Update & Security > Check for Update, apabila sudah selesai, akan muncul keterangan You're up to date.

Selesai.
Apabila kendala laptop bising masih terjadi, kami menyarankan untuk langsung menghubungi dan membawa ke Service Center Lenovo terdekat di kota kamu ya. Untuk mengetahui alamat service center lenovo di Indonesia, bisa dilihat di halaman berikut: Alamat Service Center Lenovo di Seluruh Wilayah Indonesia

Sekian tutorial cara lenovo S145 dengan kendala kipas bising ini dan Terima kasih. Semoga membantu bagi anda yang sedang mengalami masalah seperti diatas.

No comments:

Post a Comment