Friday, June 19, 2020

Cara mudah Aktivasi MS Office Home & Student 2019 preinstalled bawaan laptop

Pada laptop keluaran baru saat ini, terutama dari merk lenovo, setiap pembelian laptop atau komputer yang baru sudah dilengkapi dengan Microsoft Office yang Original (office pre installed).

Jadi selain Sistem Operasi Windows 10 nya saja yang sudah bawaan, pembeli juga sekaligus mendapatkan Lisensi Permanen dari Office Product, jadi sudah tidak perlu lagi membeli lisensi software untuk menggunakan aplikasi Office, seperti Word Excel PowerPoint, dst.

Nah, dengan paketan seperti ini, tentunya juga akan menghemat pengeluaran budget di setiap pembelian komputer / laptop sobat, apalagi harga dari WIndows 10 dan Office yang permanen sendiri terbilang tidak murah.


Berdasarkan Harga Resmi Microsoft dan Harga resmi dari Distributor Resmi Microsoft yang ada di Indonesia (Metrodata, Datascript, Astrindo, dll) harga software microsoft di banderol dengan harga berikut:

  • Windows 10 Home 64 bit Original (Permanen) : 1.8 Jutaan
  • Windows 10 Pro 64 Bit Original (Permanen) : 2.7 Jutaan
  • Microsoft Office 365 Personal 1 user ( 1 tahun ) : 850rb an
  • Microsoft Office 365 Home 5 user ( 1 tahun ) : 1.2 Jutaan
  • Microsoft Office Home & Student ( Permanen ) : 1.8 Jutaan
  • Microsoft Office Home & Bussiness ( Permanen ) : 4 Jutaan
  • Dst

Dengan harga tersebut, tentunya tidak semua pembeli bahkan rata-rata pengguna Software besutan Microsoft di Indonesia tidak membeli Lisensi Resmi dan original diatas dikarenakan Harga nya yang kelewat Mahal. Hehe, maklum.

Jadi, dengan demikian, survey membuktikan, 83 % Perusahaan di Indonesia mengunakan Software Bajakan, dan Indonesia menjadi pengguna Software Bajakan tertinggi se Asia Pasifik. Weladalah :(


Jadi dengan adanya program Bundling (Paketan) seperti Lenovo diatas ketimbang membeli terpisah, harga lisensi nya jauh lebih murah, yang notabene nya hanya ada penambahan sedikit saja (paling 300-600rb) dari harga normal produk komputer yang dijual tanpa Office.

Cara mengaktivasi Microsoft Office Home & Student 2019 Preinstalled


Dikarenakan "Preinstalled", jadi Software dan lisensi nya sudah ditanam langsung ke perangkat yang sudah bundling tersebut, dan tidak diberikan product key nya secara langsung. Jadi secara lisensi nya tidak bisa dipindahkan ke perangkat lain (OEM).

Untuk itu, ada langkah langkah nya supaya lisensi Office App nya bisa terklaim (teraktivasi).

Aktivasi WIndows 10 terlebih dahulu

Hal yang wajib dilakukan pertama kali sebelum membuka aplikasi Office, dll yaitu mengaktifkan Windows 10 nya.

Caranya, sambungkan perangkat ke Internet, bisa menggunakan WIFI atau Modem. Pastikan internet nya stabil, koneksi nya cepat supaya proses aktivasi tidak terhambat di tengah jalan.

Setelah tersambung ke Internet, Setting Negara (Region) ke Indonesia dan pastikan Tanggal & Waktu sudah sesuai (bisa menggunakan fitur Sinkronisasi Otomatis).

Lalu buka Start > Settings > Update & Security > Activation


Tunggu sampai status berubah menjadi Windows is Activated.

Apabila belum, kamu bisa menggunakan fitur Trouble Shoot, supaya langsung diaktivasi saat itu juga.


Buka salah satu Program Office, misal Word

Setelah WIndows 10 berhasil diaktivasi, diusahaan jangan dulu membuka / menginstall program yang lain, dahulukan untuk mengaktivasi Microsoft Office Home & Student 2019 nya terlebih dahulu.

Cukup buka salah satu program Office, misal Word, atau Excel, atau PowerPoint (Ingat, salah satu saja).

Masukan Microsoft Account yang sudah ada, atau Daftar Akun saja

Setelah program Office dibuka, akan muncul Langkah persiapan dari office nya, yaitu meminta Akun Microsoft.


Nah, pilihan nya ada 2.

  1. Menggunakan Akun Microsoft yang sudah ada (apabila punya). Tapi ingat, Mohon menggunakan Akun yang belum pernah membeli Lisensi Office Original sebelumnya. Karena apabila login menggunakan Akun yang sudah memiliki Lisensi Office, dikhawatirkan akan menarik lisensi office yang sudah ada, bukan mengklaim lisensi Office yang baru.
  2. Daftar Akun. Silahkan ikuti prosedur pendaftaran akun microsoft hingga selesai, bisa menggunakan email yang sudah ada, atau buat baru dengan domain @outlook, hotmail dll.

Terima Perjanjian dan Activasi Office




Setelah berhasil Login ke Akun, terima semua perjanjian yang muncul, Accept, Activate, dll. Jangan ada yang terlewatkan. Pastikan internet stabil, supaya tidak ada proses yang terlewatkan.

Update Now di pengaturan Account Office


Setelah dialog perjanjian tadi selesai, seharusnya kamu sudah bisa menggunakan Office nya. Namun, masih dalam proses perubahakan / Convert dari Office 365 menjadi Office H&S 2019.

Kamu bisa membuat File > Account untuk info lebih detail nya di salah satu program Microsoft Office nya.

Nah, kamu tinggal melakukan Update, dengan cara Klik Update Options > Update Now

Tunggu sampai selesai, seharusnya Office nya sudah berubah menjadi Office H&S 2019. Lalu Accept saja.

Selesai, dan selamat menggunakan Lisensi Original dan Permanen (Aktif Selamanya) dari Office 2019.

Ingat selalu, bila perlu catat Akun Microsoft tadi, supaya apabila laptop diinstall Ulang atau di Format, kamu tinggal melakukan Sign In di Office H&S nya, lisensi akan kembali lagi dan aktif secara permanen di perangkat kamu.



No comments:

Post a Comment