Cara memperbaiki kamera laptop tidak berfungsi dan tidak bisa dipakai Zoom

Mengatasi kamera komputer tidak berfungsi dan tidak bisa dipakai

Di Era Pandemi Corona Virus (Covid-19) yang sedang melanda dunia saat ini, telah merubah segala aspek kegiatan sosial kita. Semua kegiatan yang meliputi Pekerjaan, Pendidikan, kegiatan sosial dan berkomunikasi berubah, yang semula bisa dilakukan secara langsung bertatap muka, berinteraktif langsung face-to-face antar sesama, namun dalam kondisi saat ini semua berubah hampir di semua sektor kegiatan diatas, baik Pekerjaan kantoran, Proses mengajar, rapat dan diskusi, bahkan silaturahmi pun tidak dapat dilakukan seperti semula, yakni semua musti dilakukan secara Daring / Online.

Kebutuhan akan teknologi komputerisasi dan Smartphone sangat amat diperlukan sekali untuk menunjang kegiatan online, baik untuk kebutuhan chating, voice, video call bahkan untuk membuka percakapan dengan semua rekan kerja sekalipun. Sektor pendidikan juga tidak luput dari perubahan, dengan sistem pembelajaran secara Online, para guru dan siswa melakukan pembelajaran melalui online, mulai dari Tugas yang dikerjakan dengan bantuan Google Class, bertatap muka dengan Zoom, Meet, Webex, dll. Semua sektor pekerjaan juga beralih menggunakan teleconference atau Video Call secara bersamaan. Untuk itu peran dari perangkat pendukung telekomunikasi sangat dibutuhkan sekali pada saat seperti ini.


Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas permasalahan yang dikeluhkan oleh pengguna laptop yang sedang berkebutuhan dengan komputer selama pandemi ini, terutama di bagian kamera yang tidak berfungsi bahkan tidak bisa dipakai di Komputer / Windows kamu.


Kenapa kamera laptop tidak berfungsi ?

Ketika kamera kamu tidak bisa berfungsi di Windows 10, itu bisa saja yang diakibatkan oleh hilangnya driver setelah ah kamu meng-update software. Bisa juga kemungkinan dari anti-virus yang memblokir kamera atau settingan privasi yang tidak mengizinkan akses kamera ke dalam aplikasi yang menggunakan kamera sehingga menyebabkan masalah di aplikasi yang akan kamu pakai.

Cek Apakah ah pengaturan Switch kamera atau tombol telepon kamu sudah benar dan tidak mematikan fitur kamera.

Beberapa laptop mempunyai nomor fisik untuk menyalakan kamera atau mematikan, ketika dimatikan perangkat Kamu tidak akan mengenali kamera yang terinstal sehingga fitur kamera tidak bisa berjalan, error atau kamera berjalan tetapi dengan tampilan warna putih atau hitam saja.

Perhatikan pada bagian samping laptop bagian depan laptop apakah terdapat switch atau tombol untuk menyalakan kamera biasanya ditandai dengan logo kamera, dll. Bila kamu tidak menemukannya kamu bisa merujuk kepada buku manual atau website vendor laptop kamu.



Selain dari tombol fisik ada juga yang menanamkan fitur swiss kameranya di tombol fungsi keyboard misalnya pada laptop Lenovo S340 fungsi untuk mengaktifkan/ menonaktifkan kamera terdapat pada tombol F8.


Apabila sudah di Switch ke On untuk mengaktifkan kamera tetapi kamera tidak masih tidak berfungsi ada kemungkinan masalahnya terdapat dari settingan akses ke kamera dan settingan Privacy dari Windows nya.

Cek settingan dari Windows kamu.


Jika kamu sudah menggunakan Windows 10 versi yang terupdate kamu mungkin memerlukan kan akses/ permission untuk menggunakan kamera.
Pada Windows 10 berapa aplikasi tidak punya akses langsung secara bawaan ke kamera sehingga akan ada pertanyaan apakah kamu akan mengijinkan akses ke kamera atau tidak pada saat pertama kali membuka aplikasi tersebut.

Untuk memberikan Akses Langsung di perangkat kamu kepada kamera,  pilih START lalu pilih Setting lalu pilih Privacy lalu Camera dan izinkan akses (Allow Access) ke kamera di perangkat kamu pada aplikasi yang ingin menggunakan Kamera. jika akses kamera kamu dimatikan, pilih Change dan nyalakan Camera access for this device.



Catatan:
Jika akses kamera untuk perangkat dimatikan dan Anda tidak dapat memilih Change, Anda akan memerlukan administrator di perangkat untuk mengaktifkan akses kamera untuk Anda.

Sebelum aplikasi apa pun dapat mengakses kamera Anda, pastikan akses kamera dihidupkan untuk aplikasi di akun pengguna Anda. Pastikan Izinkan aplikasi untuk mengakses kamera Anda dihidupkan.

Setelah mengizinkan akses ke kamera, buka Pilih aplikasi Microsoft Store mana yang dapat mengakses kamera Anda dan nyalakan akses kamera untuk aplikasi yang Anda inginkan. Hanya aplikasi yang diinstal dari Microsoft Store yang akan ditampilkan dalam daftar ini.

Jika Anda menginstal aplikasi dari internet, disk, drive USB, atau administrator TI Anda menginstal aplikasi untuk Anda, itu mungkin bukan aplikasi Microsoft Store. Untuk memeriksa, buka Izinkan aplikasi desktop mengakses kamera Anda dan pastikan sudah dinyalakan. Banyak aplikasi konferensi video, seperti Tim Microsoft, adalah aplikasi desktop yang memerlukan pengaturan ini untuk dihidupkan.


Periksa driver perangkat keras Anda di Device Manager


Jika Anda menggunakan kamera eksternal, cobalah menggunakannya dengan port USB yang berbeda pada perangkat Anda terlebih dahulu. Jika itu tidak berhasil, atau kamera Anda terpasang di dalam perangkat Anda, coba ini:

    Pilih kanan di Start Menu, pilih Device Manager.
  1. Temukan kamera Anda Cameras, Imaging devices or Sound, video and game controllers
  2. Jika Anda tidak dapat menemukan kamera Anda, pilih menu Action, lalu pilih Scan for hardware changes.
  3. Tunggu hingga memindai dan menginstal ulang driver yang diperbarui, lalu restart perangkat Anda, lalu coba buka aplikasi Kamera lagi.
    Jika langkah-langkah ini tidak memperbaiki masalah Anda, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Hapus instalan driver kamera Anda dan pindai perubahan perangkat keras


  •     Di Device Manager, tekan dan tahan (atau klik kanan) pada Driver Camera yang muncul, lalu pilih Properti.
  • Pilih tab Driver, lalu pilih Uninstall Device. Pilih kotak centang untuk Hapus perangkat lunak driver untuk perangkat ini (Delete the driver software for this device), lalu pilih OK.
  • Di Device Manager, pada menu Action, pilih Scan for hardware changes.
    Tunggu hingga memindai dan menginstal ulang driver yang diperbarui, restart PC Anda, dan kemudian coba buka aplikasi Camera lagi.


Rujukan pemecahan masalah dari Website Vendor komputer kamu.


Apabila cara diatas tidak bisa mengatasi masalah camera kamu, saatnya kita merujuk kepada vendor dari laptop kamu. Kamu bisa mengunjungi website dari vendor komputer atau laptop kamu dan cari Menu support atau layanan dukungan.

Pertama kita bisa mencoba meng-install driver kamera sesuai dengan perangkat yang kamu miliki.
Misal: Untuk Laptop Lenovo, kamu bisa  mengunjungi link pcsupport.lenovo.com
Lalu masukan type laptop kamu, MTM bahkan bisa juga menggunakan SN(Serial Number) laptop mu.

Lalu cari Menu Driver atau Software > Cari Driver untuk Komponen Camera > Lalu Download.


Setelah berhasil didownload, Install dan jalankan Program tersebut, untuk melakukan penginstalan Driver Camera.
Setelah selesai terinstall, silahkan Restart laptop kamu, lalu bisa dicoba kembali Camera kamu. Seharusnya permasalahan Kamera di komputer kamu sudah bisa teratasi.

Bagaimana apabila Kamera belum juga berfungsi di komputer mu?

Apabila belum juga terpecahkan untuk masalah kamera kamu pada titik ini, permasalahan sudah berada di sistem operasi yang  kamu gunakan, atau bisa juga dari perangkat keras kamera kamu yang mengalami masalah.


Silakan menghubungi layanan customer service / Service Center dari vendor komputer laptop kamu untuk memastikan Apakah perangkat kamu perlu melakukan penginstalan ulang (reset Windows), atau bahkan perbaikan / pergantian Komponen kamera di komputer mu.

Terutama apabila perangkat kamu masih tercover oleh garansi yang biasanya di cover oleh vendor yang memiliki masa garansi 1 tahun 2 tahun bahkan 3 tahun (tergantung seri laptop),  kamu bisa langsung mengunjungi Service Center Vendor komputer kamu terdekat ya untuk bisa diperbaiki secara berkala oleh ahlinya!.









Post a Comment

Previous Post Next Post