Mengatasi Batteri Lenovo 60% dengan Benar



Hai kawan.


Kali ini saya membahas tentang suatu masalah yang paling sering dikeluhkan oleh beberapa pengguna Laptop terutama di Seri Lenovo yang akan saya share kali ini yaitu Baterai tidak bisa naik dan terisi penuh dalam hal ini posisi baterai cuman sampai di 60 persen saja dan bertuliskan plugged in, not charging.


Dalam beberapa kasus, diantaranya di seri G41-35 yg seri VGA di windows 10, bawaan di setelan nya berada di conservation mode (Hanya untuk Seri pertama saja, yg selanjutnya sudah di fix) dan jika kita tdk tau pasti kita menyangka bahwa Laptopnya lah yg bermasalah, baik baterai ataupun hardware dan kecil kemungkinan menyalahkan Software.





Berikut beberapa alasan dan penjelasan nya dan cara menyelesaikan masalah nya akan dikupas sedetil dan serinci mungkin, hanya di aws86. – Always With Simple Solution.


Fitur Conservation Mode aktif





Apakah Conservation Mode itu ?



Fitur ini adalah fitur unggulan dari Lenovo yaitu mode dimana posisi baterai akan dijaga level powernya di posisi 55-60% untuk mempertahankan daya pakai baterai. Mode ini bisa digunakan jika kita ingin menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama dengan tidak melepas power daya dari adaptor dan listrik. Contoh pada penggunaan gaming, tugas dirumah sampai beberapa jam dengan maksud biar kita gak perlu mengecas sampai 100%, lalu cabut, lalu jika sudah dibawah 20% baru cas lagi. Begitu kira-kira penjelasan Mode Conservation Ini. Dan mode ini special dari Lenovo punya gan. Keren kan.


Di beberapa kasus, yaitu salah satunya di Lenovo G41-35, secara default bawaan (yang DOS) berada di settingan Conservation Mode, jadi pada saat kita isi baterai tidak bisa naik dan terisi penuh dalam hal ini posisi baterai cuman sampai di 60 persen saja dan bertuliskan plugged in, not charging.


Jika kita ingin settingnya bisa menggunakan aplikasi Pengatur nya, yaitu Energy Management yang ada di CD bawaannya.


Namun di windows 10, lenovo sendiri sudah menggantinya dengan aplikasi Lenovo One Key Optimizer dan jika tidak ditemukan di CD driver bawaan, anda bisa mendownload di bawah ini.












Lenovo One Key Optimizer (33.03 MB)


Cara menggunakannya:
Install One Key Optimizernya sampai selesai.
Buka aplikasinya lalu secara otomatis toolbar baterai muncul di sebelah bawah kiri layar. Klik di ikon baterai tersebut.
Ubah mode baterai ke Posisi Normal Mode agar bisa mengisi sampai 100% Penuh.









Berada di posisi Conservation Mode – Not charging


Normal Mode – Fully Carged


Berikut adalah keterangan Conservation Mode dan Normal Mode yang ada di aplikasi One Key Optimizer.


Tampilan Lenovo One Key Optimizer

Kesimpulan :


Jika dalam kasus pengisian baterai not charging berada di posisi yang sama, yaitu 50-60% atau 55-60% not charging kemungkinan itu memang dari settingan laptopnya yaitu berada di conservation Mode. Tetapi jika bukan berada diposisi itu misal di posisi 0% ,5% , 87% not charging dan disettingan bateraiya sudah tepat di normal Mode kemungkinan itu memang baterai nya sudah bocor dalam artian memang harus dilakukan penggantian.


Untuk umur baterai sendiri performa maksimalnya memang kurang lebih sekitar 2 tahunan. Kalo memang penggunaannya benar bahkan 3 – 4 tahun juga kadang masih bagus.


Berikut Link Lenovo One Key Optimizer: Lenovo One Key Optimizer (33.03 MB)


Jika anda merasa terbantu, luangkan untuk menuliskan komentar dibawah.


Sekian untuk postingan kali ini, jikalau ada pertanyaan atau kesulitan agan bisa langsung komentari dibawah.

TAG :

abdul adalah akan anda aplikasi atau bagus bahkan baterai batteri bawaan bawah beberapa benarberada berikut bertuliskan bilang bisa blog bocor cara charging conservation cuman dalam dari daya dengan dibawah dikeluhkan fitur ingin januari jika juga kadang kali kalo kasus kawan kemungkinankita komentar lalu laptop laptopnya lenovo link luangkan masalah masih memang membahasmengatasi menggunakan menuliskan merasa mode naik normal oleh optimizer pada paling penggunapenggunaannya penjelasan penuh persen pinterest plugged posisi rumit saja sampai saya secara sekian sendiri seri sering settingan simple solution suatu sudah syahroni tahun tentang terbantu terisi terutama tidak untukwahab windows yaitu yang

Post a Comment

Previous Post Next Post