Menginstall Windows 7 di Lenovo IdeaPad 320 - 14AST AMD A9

Pengalaman Install Windows 7 di Lenovo IdeaPad IP 320 dengan Processor AMD A9

Hai, selamat Malam.
Pada postingan hari ini saya hanya ingin memberikan Gambaran dan Pengalaman dari ekperimen saya, yaitu menginstallkan windows 7 di Laptop Lenovo yang sebenarnya saya sudah mengetahui, bahwa Laptop ini tidak support lagi OS jadul, selain Windows 10 keatas (kalau ada).

Bukan rahasia umum, bahkan Pihak Vendor baik Lenovo, Intel maupun AMD pun sudah mengumumkan bahkan memberitahu bahwa dukungan Laptop / Processor baru semua sekarang direkomendasikan menggunakan WIndows terbaru saat ini juga, mengingat Windows 7 sendiri dirilis pada tahun 2009 silam. Dan siapa saja pun pasti merasakan bagaimana WIndows 7 ini sangat enak dipakai, handal, dalam Kata Istilah Pendek nya : SIMPLE, POWERFULL :)

Tetapi, apa kata dibuat, sama seperti Smartphone, yang namanya sistem operasi atau software itu pasti selalu Update, setiap tahun, bulan, minggu bahkan hari.
Misal android, jellybean, kitkat, lolipop, dll sampai saat ini yaitu Android Pie, seiiring smartphone yang selalu update, pasti Smartphone baru akan disematkan Sistem Operasi baru juga.
Begitu juga dengan Laptop / Komputer, terutama Laptop ideapad 320 ini yang notabene nya dibuat untuk pemasaran dan penjualan di tahun 2017 - 2018.

Tanpa Basa basi lagi, saya berikan rincian dan Gambar2 yang diambil dari Windows 7 dari Lenovo IP 320 amd a9 DOS.

(Gambar 1) Resume Windows 7 IP 320 A9 VGA

Yang paling Utama, dan yang menentukan Sebuah Laptop support tidak nya sebuah OS, adalah :

1. Ketersediaan Driver, dan 
2. Berfungsi nya semua Komponen dan fitur2 yang ada.
3. Stabil,

=> Driver tidak tersedia langsung dari Pihak Vendor, melainkan Harus Mencari dan Mencoba Mencocok-cocokan.
Nah, ini yang menjadi Kendala utama, yaitu Tidak Tersedianya Driver.
Untuk mendownload Driver, Lenovo menyediakan Website, dan bisa mendownload driver dari :
 pcsupport.lenovo.com > Masukan MTM / SN > Download Driver
Dari alamat tersebut, hanya tersedia Driver Untuk Windows 10 64 Bit.

Untuk mengakali driver nya, kita mulai dari Driver VGA.
Saya mencoba mendownload dari AMD Support, di alamat berikut : support.amd.com/en-us/download
Dan Memilih yang Automatic Detect.
Dan, alhamdulillah, Driver VGA sudah keinstall dengan Tepat, yaitu AMD Radeon R5 Graphics dan Radeon 530 2GB, kebetulan seri yang saya Install, adalah versi VGA Dedicated. (Lihat Gambar 1)

Dan berikut tampilan di DXDIAG.


Software AMD Radeon Setting, Berjalan dengan baik di Windows 7

Terbaca 512MB, untuk R5 Graphics (Shared)


Selanjutnya menginstall USB / Port koneksi , saya menggunakan file berikut :

Kembali lagi, Cek device Manager, yang ada tanpa seru, saya coba Update Driver, dan update automatic from internet.
Beberapa ada yang bisa, dan langsung keinstall.

dan hasilnya, ada 2 Driver yang belum keinstall, dan salah satu nya yaitu TOUCHPAD. (Cek Gambar 1)


:( :( :(

=> TouchPad menjadi masalah besar, jika komponen utama input ini tidak berjalan, maka Adanya touchpad menjadi sia-sia.
Saya sudah coba beberapa driver2, dari type lama, mungkin bisa, dari website luar, driverpack, dll dan hasilnya nihil. TouchPad Lenovo Ideapad 320 tidak mau berfungsi, gerak sedikitpun gak bisa. :(

Meskipun bisa diaakali menggunakan Mouse, tetapi akan sangat merepotkan menginstall saya membeli laptop itu biar bisa Mobile dan bisa bekerja dimana saja.

=> Windows 7 berjalan stabil.
Ini adalah yang menjadi pokok, setelah saya coba, running program, menginstall beberapa program standar, merestart, shutdown, tidak ada kendala bluescreen, lemot, bahkan yang dirasakan sangat lancar, dengan processor ber Clock Speed 3 GHz ini berjalan Smooth di Windows 7. dan bisa dikategorikan layak pakai, walaupun menggunakan Mouse tambahan sebagai Kursor.

Kesimpulan Saya :
Ngapain Balik lagi ke OS lama, jika di Windows 10 pun tidak ada kendala, semua program yang saya gunakan berjalan dengan baik.
Jika agan2 mempunyai program yang hanya running di Windows 7, saya lebih merekomendasikan menggunakan program Virtual Machine, seperti VirtualBox, dengan mengaktifkan AMD SVM di BIOS.

Semua Fitur Handal di Windows 7 juga ada di Windows 10, malahan Fitur2 di Windows 10 lebih banyak dibanding Windows 7.

Welcome to Windows 10 - Pease Move On From Windows 7 :)

Sekian, dan semoga membantu.
Pengen Curhat ? Write on Comment . . .




:)

Post a Comment

Previous Post Next Post